11 Manfaat Bersepeda Untuk Badan

Halo Brother & Sister !!! tahukah kalian ? apa manfaat bersepeda bagi badan kita ? bahkan olah raga bersepeda juga memberikan dampak positif pada pikiran & jiwa kita loh… “Mantul Banget” Kan ???!!!!

Manfaat bersepeda hampir sama tak berujungnya dengan jalur yang kamu lintasi. Bersepeda adalah olahraga yang sehat, berdampak rendah yang dapat dinikmati semua usia, dari anak kecil hingga orang dewasa bahkan kakek nenek pun bisa, selama kondisi jasmani nya masih memadai. Bersepeda juga menyenangkan, murah dan bagus untuk lingkungan karena tidak mencemari lingkungan

Bersepeda Ke Warung !!! Bersepeda Ke Kantor !!!

Budayakan menggunakan sepeda dari pada kendaraan bermotor apabila kamu ingin pergi ke warung, indomaret atau pun alfamart. Bagi kamu – kamu yang memiliki atensi kuat dalam bersepeda, maka pilihan untuk melakukan bike to work pasti menjadi sebuah pilihan yang akan kamu prioritaskan, sebuah pilihan yang memiliki dampak investasi kesehatan bagi diri sendiri juga investasi pelestarian lingkungan yang lebih bersih, go green !!! save our earth !!!

Berikut beberapa hal yang akan kamu dapatkan ketika rutin bersepeda :

  1. Menguatkan Otot
    • Manfaat bersepeda dapat banyak dirasakan tubuh karena hampir semua anggota tubuh dan otot terlibat saling berinteraksi dan saling menguatkan saat Anda bersepeda.
    • Jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih, mantap bukan ???!
  2. Meredam Stress
    • Manfaat olahraga sepeda lainnya adalah tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.
    • Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh otomatis akan membuat pikiran kamu lebih tenang. Ketenangan pikiran ini ditambah dengan pemandangan – pemandangan indah yang kamu lihat saat bersepeda, akan memberikan sebuah kondisi yang menyebabkan penurunan tingkat stres dalam tubuh & pikiran, siip kan ??!
  3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
    • David Nieman dan rekan-rekannya di Appalachian State University mempelajari 1.000 orang dewasa hingga usia 85 tahun. Mereka menemukan bahwa manfaat olahraga sepeda memiliki khasiat besar pada kesehatan sistem pernapasan bagian atas – sehingga mengurangi risiko flu biasa.
    • Nieman mengatakan: “Orang-orang dapat mengatasi badan sakit hingga sekitar 40 persen dengan berolahraga secara aerobik di sebagian besar waktu keseharian nya dalam seminggu, sementara pada saat yang sama menerima banyak manfaat kesehatan terkait latihan olahraganya.”
    • Sementara Profesor Tim Noakes, ahli olahraga di Universitas Cape Town, Afrika Selatan, juga mengatakan bahwa, olahraga ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi protein penting dan membangun sel darah putih. Bukti menunjukkan bahwa segera setelah latihan yang intens, sistem kekebalan tubuh Anda akan menurun – tetapi pemulihan yang cukup seperti makan dan tidur nyenyak dapat membantu membalikkannya dengan sangat cepat.
  4. Menumbuhkan Lingkaran Sosial Anda
    • Bersepeda adalah olahraga yang sangat ramah. Bersepeda di sekeliling kompleks rumah awalnya yang kemungkinan akan menemukan tetangga atau pun orang lain yang juga menyukai olahraga sepeda, yang pada gilirannya kamu bisa memulai obrolan ringan hingga menjalin pertemanan yang akrab. Cakupan yang lebih luasnya, kamu bisa bergabung dengan klub sepeda yang rutin bersepeda pada saat week end Sabtu atau Minggu.
    • Bergabung dengan klub atau grup bersepeda seperti halnya komunitas bersepeda STRAVA Cycling Serang adalah cara terbaik untuk mengembangkan lingkaran sosial mu, dan jika kamu baru menggunakan sepeda – kamu mungkin akan menemukan semua saran tentang pemeliharaan dan pelatihan sepeda, atau bahkan mungkin tentang hal lain di luar olahraga bersepeda.
  5. Memyehatkan Paru – Paru
    • Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang bersepeda benar-benar terhindar atau lebih sedikit terkena asap berbahaya daripada mereka yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan bermesin seperti mobil dan sepeda motor. Sebuah penelitian oleh Kampanye Air Sehat, Kings College London dan Camden Council, memonitor detektor polusi udara yang dipasang untuk pengemudi bus, pengguna bus, pejalan kaki dan pengendara sepeda menggunakan rute sibuk melalui pusat kota London. Hasilnya menunjukkan bahwa pengemudi bus mengalami tingkat polusi lima kali lebih tinggi daripada pengendara sepeda, serta tiga setengah lebih dari pejalan kaki dan dua setengah kali lebih banyak dari pengguna bus. Jadi, manfaat sepeda sangat baik untuk menghindari bahaya polusi.
    • Tapi kalau di Indonesia… apakah hasilnya juga seperti itu ? tentu saja harus dilakukan penelitian lebih lanjut.
  6. Menurunkan Resiko Diabetes
    • Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.
  7. Merawat Kondisi Persendian Tulang
    • Pergelangan tangan, sikut, lutut, pergelangan kaki, pinggang, punggung dan leher adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Manfaat bersepeda didapatkan dari pergerakan yang baik pada persendian karena akan membuatnya menjadi makin kuat & fleksibel.
  8. Menurunkan Resiko Kanker
  9. Menyehatkan Tulang
    • Manfaat bersepeda dapat mencegah kamu mengalami patah tulang akibat jatuh. Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu mengatasi osteoporosis, namun, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setelah pasien lansia mulai bersepeda, nyeri lutut dan osteoarthritis semakin membaik.
  10. Memelihara Berat Badan Ideal
    • Manfaat bersepeda yang paling besar adalah membuat kinerja kardiovaskular dan otot menjadi kian optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik dan otot terlatih adalah meningkatnya metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kombinasi kan kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan gizi seimbang untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.
    • Selain bersepeda, kamu dapat berjalan-jalan bersama keluarga atau orang tercinta. Dengan bersepeda setiap hari secara rutin, berat tubuh kamu akan menurun dan keinginan kamu untuk diet akan tercapai. Bahkan, kamu tidak hanya akan mendapatkan bentuk tubuh ideal tetapi kulit pun akan menjadi lebih kencang dan otot kaki menjadi lebih kuat.
  11. Mengatasi Insomnia
    • Bagi kamu yang mengalami insomnia, manfaat olahraga sepeda dipercaya mengatasi gangguan yang kamu alami. Cobalah bersepeda selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Dengan begitu waktu tidur mu akan datang lebih cepat. Sedangkan, manfaat sepeda di pagi hari ketika matahari yang belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.
Manfaat Bersepeda

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *